SKL (SURAT KETERANGAN LULUS)

Surat Keterangan Lulus (SKL) adalah surat keterangan yang menjelaskan bahwa mahasiswa telah menyelesaikan seluruh kewajiban akademiknya dan dinyatakan lulus secara akademik oleh Fakultas. Surat ini dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran wisuda atau untuk mendapatkan ijazah dari Direktorat Administrasi Pendidikan IPB.

Persyaratan SKL

Untuk keperluan pembuatan Surat Keterangan Lulus (SKL), mahasiswa menyiapkan persyaratan lain yang ditentukan Fakultas dan menyerahkannya ke Fakultas bersama dengan skripsi yang sudah ditandatangani Dosen Pembimbing dan Ketua Departemen untuk memperoleh Surat Keterangan Lulus (SKL). Petugas Fakultas membubuhkan stempel Fakultas pada lembar pengesahan skripsi dengan mencantumkan Tanggal Lulus Ujian Akhir Sarjana sesuai dengan tanggal lulus sidang. Syarat‐syarat pembuatan SKL adalah:

  1. Transkrip asli mulai dari tingkat pertama sampai dengan semester terakhir.
  2. Laporan tugas akhir (skripsi) berikut CD produk hasil penelitian dan laporan, masing‐ masing sebanyak 1 (satu) eksemplar.
  3. Salinan lembar pengesahan skripsi sebanyak 1 (satu) eksemplar.
  4. Paper yang berupa ringkasan hasil penelitian yang ditulis dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Format penulisan mengikuti tatacara penulisan skripsi
    • Jumlah halaman tidak melebihi 10 lembar
    • Tidak memiliki lampiran.

    Dalam penulisan paper, diharapkan mahasiswa berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Paper dikumpulkan dalam bentuk tercetak dan file yang disimpan dalam CD sebanyak 2 (dua) eksemplar.

  5. Biodata mahasiswa (formulir yang disediakan oleh Fakultas).
  6. Surat Keterangan Penyelesaian Kewajiban Akademik dan Administrasi pada Departemen Ilmu Komputer FMIPA‐IPB.
  7. Surat Keterangan Kelengkapan Persyaratan dan Tugas Akademik pada Departemen Ilmu Komputer FMIPA‐IPB.

Adapun syarat‐syarat pembuatan Surat Keterangan Kelengkapan Persyaratan dan Tugas Akademik pada Departemen Ilmu Komputer FMIPA‐IPB adalah:

  1. Salinan transkrip mulai dari tingkat I sampai dengan semester terakhir. Panitia Tugas Akhir akan mengisi formulir kelengkapan jumlah kredit dan nilai yang telah diperoleh mahasiswa.
  2. Bebas peminjaman alat di Departemen Ilmu Komputer.
  3. Bebas peminjaman buku dan koleksi perpustakaan lainnya di Perpustakaan Departemen.
  4. Bebas peminjaman buku di Perpustaaan Pusat IPB (formulir disediakan oleh Perpustakaan Pusat IPB).