SIDANG (UJIAN AKHIR SARJANA)

Ujian Akhir Sarjana adalah suatu bentuk ujian secara lisan oleh tim penguji yang harus diikuti oleh mahasiswa sebagai evaluasi akhir untuk penentuan kelayakan kelulusan mahasiswa tersebut dari Departemen Ilmu Komputer. Kisi‐kisi untuk ujian akhir sarjana adalah persyaratan‐persyaratan tentang lingkup materi ujian akhir sarjana untuk menjamin terpenuhinya persyaratan minimal pengetahuan seorang sarjana sesuai dengan kompetensi yang diharapkan.

Persyaratan Ujian Akhir Sarjana

Persyaratan untuk mengikuti ujian akhir sarjana adalah:

  1. Telah lulus dalam seluruh mata kuliah wajib selain Tugas Akhir, dan mata kuliah pilihan yang diambil sesuai ketentuan kurikulum dengan IPK  2.00 tanpa nilai E, yang ditunjukkan oleh transkrip yang disiapkan oleh Sekretariat.
  2. Melunasi SPP sampai semester berjalan, dengan melampirkan tanda bukti pembayaran
  3. Telah melakukan bimbingan dengan komisi pembimbing sedikitnya 10 pertemuan, ditunjukkan oleh Kartu Kendali Bimbingan.
  4. Memperoleh surat persetujuan ujian akhir sarjana dari dosen pembimbing dan dosen penguji (Form C04a).
  5. Memperoleh surat lulus uji petik draft final skripsi (Form C04b) dari Tim Akademik Skripsi. Pengajuan draft final skripsi kepada Tim Akademik Skripsi dilakukan paling lambat seminggu sebelum rencana jadwal sidang.

Penguji

Penguji ujian akhir sarjana terdiri dari:

  1. Dosen pembimbing (sesuai Form C03).
  2. Dosen penguji luar pembimbing yang ditetapkan oleh dosen pembimbing (Form B01a) dan oleh Kepala Bagian (Form B01b).

Ketua penguji ujian akhir sarjana adalah dosen pembimbing pertama/utama. Penentuan dosen penguji dilakukan sesuai dengan yang telah ditetapkan pada Panduan Seminar.

Pendaftaran Ujian Akhir Sarjana

Mahasiswa dapat mengikuti ujian akhir sarjana setelah terlebih mendaftarkan diri kepada Sekretariat Program di setiap hari kerja. Dalam pendaftaran ujian akhir sarjana, mahasiswa diwajibkan untuk:

  1. Mengisi dan menyerahkan formulir pengajuan dan kesiapan ujian akhir sarjana yang telah disetujui oleh komisi pembimbing (terdiri atas dosen pembimbing dan dosen penguji) dengan menggunakan Form C04a.
  2. Menyerahkan formulir lulus uji petik draft final skripsi (Form C04b).
  3. Menyerahkan kartu kendali bimbingan.
  4. Menyerahkan 4 (tiga) eksemplar draft laporan Tugas Akhir (skripsi) yang telah disetujui oleh dosen pembimbing. Tiga laporan diserahkan kepada pembimbing, serta ke penguji, sedangkan laporan sisanya diserahkan kepada Sekretariat Program. Penulisan laporan Tugas Akhir dilakukan dengan merujuk pada dokumen Panduan Penulisan Karya Ilmiah yang dikeluarkan oleh IPB Press edisi tahun terbaru.

Semua persyaratan Tugas Akhir ditangani oleh Sekretariat Program dengan memasukkan ke dalam map berwarna biru tua dengan membubuhkan nama dan NIM mahasiswa pada bagian muka map. Seluruh persyaratan tersebut harus sudah lengkap paling lambat 5 (lima) hari sebelum ujian akhir sarjana dilaksanakan. Sekretariat akan melengkapi berkas persyaratan ujian akhir sarjana dengan dokumen tambahan berupa:

  1. Transkrip mahasiswa dari semester pertama sampai terakhir
  2. Biodata mahasiswa (Form B03).
  3. Formulir kelengkapan ujian tugas akhir (Form C05).
  4. Berita acara ujian akhir sarjana (Form C06).
  5. Formulir penilaian hasil ujian akhir sarjana (Form C07).
  6. Formulir perbaikan laporan tugas akhir (Form C08).

Setelah semua berkas persyaratan dilengkapi dan telah diperiksa dengan seksama, maka Sekretariat membuat undangan ujian akhir sarjana ditujukan kepada seluruh dosen pembimbing dan penguji. Surat undangan selanjutnya akan diserahkah kepada kepada seluruh dosen pembimbing dan penguji oleh Sekretariat selambat‐lambatnya 3 (tiga) hari sebelum ujian akhir sarjana dilaksanakan.

Pelaksanaan Ujian Akhir Sarjana

Ujian akhir sarjana dilaksanakan pada jadwal yang ditetapkan oleh Sekretariat berdasarkan pengajuan dari mahasiswa (Form C04a) dan Berita Acara Uji Petik Draft Final Skripsi (Form C04b). Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa yang akan diuji, dosen pembimbing, dan dosen penguji. Kehadiran peserta dalam kegiatan Tugas Akhir dicatat dalam berita acara ujian akhir sarjana (Form C06).

Mahasiswa yang akan diuji diwajibkan mengikuti ketentuan‐ketentuan sebagai berikut:

  1. Berpakaian rapi dan sopan sesuai dengan ketentuan dalam Pedoman Tatatertib Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa IPB (SK Rektor No. 119/K13.12.1/KM/1999).
  2. Hadir di tempat ujian selambat‐lambatnya 30 menit sebelum ujian dimulai.
  3. Bersama Sekretariat mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan dalam ujian.
  4. Menyiapkan bahan presentasi dalam format file ppt. Jumlah slide disesuaikan dengan lamanya waktu presentasi yaitu maksimum 10‐20 menit.

Kegiatan ujian akhir sarjana dipandu oleh pimpinan ujian yaitu dosen pembimbing pertama. Pelaksanaan ujian akhir sarjana dilakukan melalui tahapan sebagai berikut:

  1. Pembukaan ujian akhir sarjana oleh pimpinan ujian.
  2. Penyajian hasil penelitian secara singkat oleh mahasiswa selama maksimum 10‐20 menit.
  3. Jika ada, dan atas permintaan dosen pembimbing dan/atau dosen penguji, mahasiswa melakukan demo produk hasil penelitian oleh mahasiswa selama maksimum 10 menit.
  4. Tanya jawab dengan dosen pembimbing dan dosen penguji selama maksimum 2 (dua) jam, mengenai materi tugas akhir dan materi yang relevan (komprehensif) sebagai indikator kompetensi sesuai dengan kisi‐kisi yang ditetapkan Departemen, dan penetapan keputusan ujian.
  5. Penyampaian komentar singkat tentang hasil penelitian mahasiswa dan jalannya ujian akhir sarjana dari dosen pembimbing dan dosen penguji selama maksimum 10‐20 menit.
  6. Penyampaian hasil ujian oleh pimpinan ujian.
  7. Penutupan oleh pimpinan ujian.

Dalam pelaksanaan ujian, pimpinan ujian mengendalikan waktu ujian agar dapat berlangsung dalam waktu maksimum 3 (tiga) jam.

Penilaian dan Ujian Ulang

Penilaian Tugas Akhir dilakukan oleh dosen pembimbing dan dosen penguji. Komponen penilaian meliputi komponen seperti yang tertuang dalam Form C06 yang dilakukan oleh masing‐masing dosen pembimbing dan dosen penguji, yang meliputi:

  1. Teknik penulisan laporan tugas akhir.
  2. Pengetahuan umum mahasiswa.
  3. Penguasaan materi.
  4. Kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan

Masing‐masing komponen memiliki bobot terhadap nilai akhir yang besarannya ditentukan oleh dosen pembimbing dan dosen penguji. Tim membuat kesepakatan hasil ujian secara terbuka tanpa dihadiri oleh mahasiswa yang diuji, dan hasilnya dituangkan dalam Form C07.

Pimpinan ujian menyampaikan keputusan hasil ujian kepada mahasiswa setelah dicapai kesepakatan. Mahasiswa yang tidak lulus dalam Ujian Akhir Sarjana memiliki maksimal 2 (dua) kali kesempatan ujian ulang. Ujian ulang dilakukan selambat‐lambatnya 1 (satu) bulan setelah ujian pertama dilaksanakan. Jika ujian telah diulang dua kali dan mahasiswa yang diuji tetap dinyatakan tidak lulus maka mahasiswa tersebut harus mengulang mata ajaran tugas akhirnya. Pimpinan ujian menyerahkan berita acara ujian kepada Sekretariat.

Pengumpulan Laporan

Mahasiswa menunjukkan laporan yang telah diperbaiki sesuai saran dosen pembimbing dan dosen penguji berdasarkan Form C08 selambat‐lambatnya 1 (satu) bulan setelah tanggal ujian akhir kepada dosen pembimbing. Dosen pembimbing memberikan paraf persetujuan penjilidan skripsi atau menyarankan perbaikan yang masih diperlukan.
Setiap mahasiswa yang telah menyelesaikan tugas akhirnya diwajibkan menyerahkan laporan tercetak yang telah ditandatangi oleh dosen pembimbing dan Ketua Departemen serta CD berisi produk hasil penelitian dan file laporan dalam format pdf dan Ms Word, kepada:

  1. Dosen pembimbing masing‐masing sebanyak 1 (satu) eksemplar
  2. Perpustakaan Departemen Ilmu Komputer sebanyak 1 (satu) eksemplar.
  3. Perpustakaan Pusat IPB sebanyak 1 (satu) eksemplar.
  4. Fakultas MIPA sebanyak 1 (satu) eksemplar diserahkan melalui Sekretariat.

CD produk hasil penelitian dan file laporan diberi label berwarna putih yang berisi data sebagai berikut:

  1. Nama lengkap dan NIM
  2. Judul skripsi
  3. Nama lengkap dosen pembimbing
  4. Departemen, serta bulan dan tahun lulus

Data tersebut diketik dengan menggunakan jenis huruf Time New Roman berukuran 12pt.

Penyerahan laporan dilakukan selambat‐lambatnya 1 (satu) bulan setelah ujian akhir dilaksanakan. Bukti penyerahan dinyatakan dalam lembar penyelesaian persyaratan kelulusan (Form C09).

Jika mahasiswa tidak menyerahkan skripsi yang telah diperbaiki sampai satu bulan sesudah tanggal ujian, Ketua Departemen membatalkan hasil ujian dengan menandatangani berita acara pembatalan hasil ujian akhir sarjana (Form C10) serta menyampaikannya ke mahasiswa yang bersangkutan, dosen pembimbing, dan dosen penguji.