SKRIPSI

PENDAHULUAN

Tugas Akhir (KOM499) merupakan salah satu mata kuliah wajib di Departemen Ilmu Komputer yang memiliki beban kredit sebanyak 4 (empat) SKS. Pelaksanaan Tugas Akhir dilakukan melalui penelitian di bawah bimbingan komisi pembimbing yang ditetapkan oleh Program. Dalam pelaksanaannya, mata ajaran ini terkait erat dengan mata ajaran Kolokium (KOM497) dan Seminar (KOM498). Pelaksanaan mata ajaran ini dikoordinir oleh Pengelola Program bekerjasama dengan Kepala Bagian (Laboratorium Keilmuan) yang ada di Departemen Ilmu Komputer IPB.

TUJUAN

Tujuan yang hendak dicapai dalam pelaksanaan Tugas Akhir di Program Sarjana Ilmu Komputer Alih Jenis/Ekstensi, Departemen Ilmu Komputer, FMIPA‐IPB adalah sebagai berikut:

  1. Mengaplikasikan pengetahuan, sikap dan kemampuan mahasiswa dalam bidang Ilmu Komputer melalui penelitian untuk menentukan penyelesaian terhadap permasalah yang ada.
  2. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun laporan ilmiah hasil penelitian.
  3. Menghasilkan lulusan yang terampil, relevan dengan pembangunan dan mampu menghayati serta memecahkan permasalahan yang kompleks dalam dunia nyata secara sistematis dan interdisipliner.

STATUS DAN BEBAN KREDIT

Tugas Akhir merupakan kegiatan pendidikan yang bersifat wajib bagi mahasiswa Departemen Ilmu Komputer FMIPA‐IPB. Oleh karena itu, jika mahasiswa tidak melaksanakan Tugas Akhir, maka kurikulum yang diikutinya tidak lengkap, sehingga dianggap belum selesai studinya. Sebagai mata kuliah mayor, Tugas Akhir mempunyai beban kredit sebanyak 4 (empat) sks dengan prasyarat mata ajaran Seminar (KOM499).

PESERTA

Berdasar pertimbangan syarat minimal kemampuan dan pengetahuan dalam bidang ilmu komputer, mahasiswa yang akan melakukan Tugas Akhir adalah mahasiswa yang telah lulus dalam seluruh perkuliahan mata ajaran wajib termasuk mata kuliah pilihan sesuai dengan ketentuan kurikukum, dengan IPK ≥ 2.00 dan tanpa nilai E.

PELAKSANAAN

Pelaksanaan mata ajaran Tugas Akhir mahasiswa Program Sarjana Ilmu Komputer Ekstensi/Alih Jenis, Departemen Ilmu Komputer FMIPA‐IPB dikoordinir oleh Pengelola Program. Kegiatan penelitian dalam mata ajaran Tugas Akhir mahasiswa dilaksanakan melalui tahapan sebagai berikut:

  1. Pengajuan topik penelitian
  2. Kolokium untuk menyampaikan rencana penelitian
  3. Pembimbingan dengan komisi pembimbing
  4. Seminar tugas akhir
  5. Ujian akhir sarjana

(1) Pengajuan topik penelitian

Pengajuan topik penelitian dilakukan sebelum melaksanakan kolokium, yaitu pada Semester Pendek Kedua. Kegiatan ini diawali dengan presentasi setiap Bagian (Laboratorium Keilmuan) untuk menjelaskan roadmap penelitian yang sedang dan akan dilaksanakan. Oleh karena itu, topik penelitian yang dapat diajukan oleh mahasiswa haruslah terkait dengan lingkup dan roadmap penelitian yang dilaksanakan oleh salah satu atau lebih Bagian yang ada di Departemen Ilmu Komputer. Dalam menentukan topik penelitian, mahasiswa disarankan untuk berkonsultasi dengan dosen atau melakukan koordinasi dengan Kepala Bagian yang terkait dengan topik yang akan diusulkan.

Sebelum menentukan topik penelitian yang harus dikoordinasikan dengan Bagian atau Laboratorium Keilmuan, mahasiswa memilih prioritas Laboratorium Keilmuan yang akan menjadi ruang lingkup penelitiannya. Proses pemilihan dilakukan secara online melalui SIMAK-ILKOM di alamat http://apps.cs.ipb.ac.id/sim.

Setiap mahasiswa diminta memilih dua topik dimana nomor urut menunjukkan prioritas pilihan mahasiswa. Berdasarkan isian mahasiswa ini, Pengelola Program berkoordinasi dengan semua Kepala Bagian/Laboratorium Keilmuan untuk menentukan alokasi mahasiswa ke dalam setiap Bagian/Laboratorium Keilmuan.

Keputusan alokasi pembimbing untuk setiap mahasiswa diserahkan kepada Bagian/ Laboratorium Keilmuan untuk menetapkan sesuai dengan kompetensi setiap dosen di dalam Bagian/Laboratorium Keilmuan. Beban kerja dosen harus mendapat perhatian di dalam penetapan dosen pembimbing. Oleh karena itu, Bagian/Laboratorium Keilmuan diharapkan untuk melakukan koordinasi dengan Sekretaris Departemen Bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

 

(2) Kolokium

Setelah ada penetapan dosen pembimbing, mahasiswa diwajibkan mengikuti mata ajaran Kolokium (KOM497) dengan bobot 1 (satu) SKS. Tatacara pelaksanaan kolokium diatur dalam Panduan Kolokium.

(3) Pembimbingan

Penelitian tugas akhir mahasiswa dilakukan di bawah arahan dari dosen pembimbing. Bimbingan dilakukan sedikitnya dua kali dalam sebulan dan setiap kegiatan bimbingan dicatat dalam kartu kendali bimbingan tugas akhir yang dikeluarkan oleh Program. Jadwal bimbingan ditetapkan berdasar kesepakatan antara dosen pembimbing dengan mahasiswa. Dalam setiap bimbingan mahasiswa diwajibkan melaporkan perkembangan penelitiannya secara lisan dan tertulis kepada dosen pembimbing.

Secara umum tugas dosen pembimbing adalah

  1. Mengarahkan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan penelitian.
  2. Membantu mahasiswa dalam mencari penyelesaian yang dihadapi mahasiswa dalam kegiatan penelitiannya.
  3. Membimbing mahasiswa dalam menyusun makalah kolokium, makalah seminar, dan laporan hasil penelitian (skripsi).
  4. Memberikan penilaian atas penelitian dan penyusunan skripsi yang dilakukan mahasiswa.

 

(4) Seminar

Setelah penelitian dinyatakan selesai oleh dosen pembimbing, mahasiswa dapat mengikuti mata ajaran Seminar (KOM498). Tatacara pelaksanaan seminar diatur dalam Panduan Seminar Tugas Akhir.

 

(5) Ujian Akhir Sarjana

Penjelasan lengkap tahapan ujian akhir sarjana, klik di sini.