KOLOKIUM

PENDAHULUAN

Kolokium (KOM497) dilaksanakan dalam bentuk pemaparan rencana penelitian yang telah disetujui oleh dosen pembimbing. Kegiatan ini bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan rencana penelitian tugas akhirnya, juga berfungsi sebagai media untuk mendapatkan masukan terhadap penelitian yang akan dilaksanakan. Materi yang disajikan minimal telah memuat metodologi yang diusulkan untuk memecahkan permasalahan yang diteliti.

Kolokium merupakan kegiatan pendidikan yang bersifat wajib bagi mahasiswa Departemen Ilmu Komputer, FMIPA-IPB. Oleh karena itu, jika mahasiswa tidak melaksanakan kolokium, maka kurikulum yang diikutinya tidak lengkap, sehingga dianggap belum selesai studinya. Sebagai mata kuliah wajib, kolokium mempunyai beban kredit sebanyak 1 (satu) SKS.

Mahasiswa yang diperbolehkan melaksanakan kolokium adalah mahasiswa yang telah melakukan bimbingan dengan komisi pembimbing sedikitnya 2 (dua) kali pertemuan yang dibuktikan dengan Kartu Kendali dalam SIMAK ILKOM IPB.

PELAKSANAAN

Kegiatan kolokium tugas akhir mahasiswa dilaksanakan melalui tahapan sebagai berikut:

  1. Pembimbingan dan penyusunan makalah kolokium
  2. Pengumpulan makalah kolokium
  3. Penetapan jadwal kolokium
  4. Pelaksanaan kolokium

Pembimbingan dan Penyusunan Makalah Kolokium

Setelah dilakukan penetapan topik dan dosen pembimbing tugas akhir, mahasiswa sudah dapat mulai melakukan proses pembimbingan untuk membahas rencana penelitian. Rencana penelitian ini selanjutnya dituangkan dalam bentuk tulisan yang selanjutnya disebut Makalah Kolokium. Makalah kolokium minimal berisi:

  1. Abstrak.
  2. Pendahuluan (latar belakang, tujuan, dan perumusan masalah).
  3. Metode Penelitian (di dalamnya termasuk landasan teori)
  4. Daftar Pustaka

Layout makalah kolokium dapat dilihat dari lampiran PDF  terlampir.

Pengumpulan Makalah Kolokium

Makalah yang sudah disetujui oleh dosen pembimbing, selanjutnya dikumpulkan secara online dan offline pada jadwal yang ditetapkan oleh Pengelola Program (untuk saat ini, tahun 2014, ditetapkan paling lambat 28 Juni 2014 pukul 12:00).

Pengumpulan secara offline dilakukan ke Sekretariat Program Ekstensi, sedangkan pengumpulan secara online dilakukan melalui situs Open Journal System (OJS) pada alamat http://apps.cs.ipb.ac.id/ojs (melalui jaringan Internet). Panduan untuk pengumpulan makalah kolokium secara online melalui OJS dapat diunduh dari file PDF  terlampir.

Penetapan Jadwal Kolokium

Jadwal pelaksanaan kolokium ditetapkan oleh Sekretariat Program secara serentak selama satu minggu, yang detilnya disusun sesuai kesepakatan jadwal dengan semua dosen pembimbing. Untuk itu, mahasiswa diwajibkan mendaftarkan jadwal kolokium sesuai kesepakatan waktu dengan dosen pembimbing melalui SIMAK ILKOM.

Pelaksanaan Kolokium

Kolokium dilaksanakan pada jadwal yang ditetapkan oleh Sekretariat, dan dihadiri forum yang terdiri dari mahasiswa yang diwajibkan mengikuti kegiatan kolokium. Kehadiran mahasiswa dalam kolokium dicatat dalam daftar hadir peserta kolokium yang nanti akan dipertimbangkan dalam penilaian. Penyaji dalam kegiatan kolokium diwajibkan mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

  1. Berpakaian rapi dan sopan sesuai dengan ketentuan dalam Pedoman Tatatertib Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa IPB (SK Rektor No. 119/K13.12.1/KM/1999).
  2. Hadir di tempat kolokium selambat-lambatnya 15 menit sebelum kolokium dimulai.
  3. Mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan dalam kolokium.
  4. Menyiapkan bahan presentasi dalam format file ppt. Jumlah slide disesuaikan dengan lamanya waktu presentasi makalah yaitu maksimum 10 menit.
  5. Membagikan makalah kolokium kepada peserta termasuk tim pembahas yang terdiri dari 3 (tiga) orang mahasiswa seperti yang tercantum dalam Form A01. Perubahan pada nama-nama pembahas hanya dapat dilakukan oleh mahasiswa pembahas dengan terlebih dahulu megajukan surat ke Sekretariat sebelum pelaksanaan kolokium.

Kegiatan kolokium dipandu oleh moderator yang ditunjuk oleh Penanggung Jawab Mata Kuliah Kolokium atau Pengelola Program. Waktu pelaksanaan kolokium adalah maksimum 30 menit dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Pembukaan kolokium oleh moderator.
  2. Penyajian makalah oleh pemrasaran selama maksimum 10 menit.
  3. Tanya jawab dengan pembahas selama 10 sampai dengan 15 menit.
  4. Tanya jawab dengan forum lainnya (mahasiswa selain pembahas) selama 5 sampai dengan 10 menit.
  5. Penyampaian ulasan singkat dari komisi pembimbing selama maksimum 5 menit.
  6. Penutupan oleh moderator.

Setelah pelaksanaan kolokium, moderator memberikan paraf pada daftar hadir kolokium mahasiswa dan menuliskan berita acara serta memberikan nilai dengan menggunakan Form A02, yang terdiri atas komponen:

  1. Makalah/tulisan
  2. Kesiapan riset mahasiswa
  3. Cara dan Materi Penyajian

Masing-masing komponen memiliki bobot terhadap nilai akhir yang besarannya ditentukan oleh moderator dan hasilnya dituangkan pada Form A02.

Penilaian

Penilaian kolokium dilakukan oleh Penanggung Jawab Mata Kuliah Kolokium. Komponen penilaian meliputi:

  1. Pelaksanaan kolokium, yang dilakukan oleh moderator pada saat pelaksanaan kolokium
  2. Kehadiran mahasiswa dalam kegiatan kolokium
  3. Keaktifan mahasiswa dalam acara kolokium

Masing-masing komponen memiliki bobot terhadap nilai akhir yang besarannya ditentukan oleh Penanggung Jawab Mata Kuliah Kolokium. Berdasar hasil penilaian, mahasiswa dapat dinyatakan lulus dalam mata kuliah Kolokium apabila mendapat huruf mutu serendah-rendahnya D. Mahasiswa yang mendapat huruf mutu E diwajibkan mengulang kegiatan Kolokium pada jadwal yang ditetapkan. Pengulangan terhadap pengambilan mata kuliah Kolokium mengikuti ketentuan akademik yang berlaku pada mata kuliah wajib lainnya.